Tim Media dan Podcast FSH UIN Jakarta Lakukan Studi Banding ke TV UPI Digital untuk Perkuat Inovasi Konten dan Pengelolaan Media
Tim Media dan Podcast FSH UIN Jakarta Lakukan Studi Banding ke TV UPI Digital untuk Perkuat Inovasi Konten dan Pengelolaan Media

BERITA FSH, Bandung - Tim media dan podcast Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan studi banding ke TV UPI Digital Bandung sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan humas, publikasi, serta produksi konten digital di lingkungan fakultas. Kunjungan ini menjadi ruang berbagi pengalaman, bertukar gagasan, sekaligus mempelajari sistem pengelolaan media kampus yang telah dikembangkan UPI sebagai salah satu perguruan tinggi dengan ekosistem media digital paling aktif dan kreatif. (13/11/25)

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Komunikasi dan Media Humas UPI, Pak Dr. Angga Hadipurwa, S.Pd., M.I.Kom., menyampaikan bahwa pengelolaan media di kampus tersebut berada langsung di bawah rektorat dan didukung oleh divisi komunikasi media serta radio kampus. Meski hanya memiliki empat staf inti, operasional TV UPI Digital dapat berjalan optimal berkat keterlibatan mahasiswa magang dan peserta PKL. Hal ini memungkinkan mereka untuk memproduksi berbagai program unggulan secara konsisten.

Program-program yang telah dikembangkan TV UPI Digital meliputi konten pendidikan seperti Dosen Mengabdi, Bincang Ilmiah Edukatif, SOPI (Seputar Obrolan Inspirator), hingga Diksi Seru  Diskusi Seru. Selain itu, UPI juga mengembangkan konten budaya melalui program UPI Jelajah Budaya serta konten informasi dan kampanye kampus yang dikemas secara menarik dan dekat dengan audiens mahasiswa. TV UPI Digital juga tengah menantikan hasil nominasi Anugerah Humas Dikti, seiring dengan diraihnya prestasi terbaru dalam kategori video ekspedisi dengan jumlah penonton terbanyak.

Kak Haydar Islami, S.Pd., dari tim kreatif UPI memaparkan proses produksi konten yang melibatkan pengembangan koreografi, musik, hingga konsep visual yang sepenuhnya dirancang sendiri. Kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan pimpinan kampus termasuk rektor menjadi daya tarik tersendiri yang membuat konten UPI terasa lebih hidup dan personal.

Pada sisi pengelolaan media sosial, Kak Ratih Latifah Murniati, S.I.Kom., menjelaskan bahwa UPI Official menjalankan sistem survei rutin untuk mengukur dampak dan efektivitas konten. Mereka juga memiliki grand design publikasi sebagai panduan dalam penyusunan konten, terutama untuk pilar-pilar utama seperti riset, insight akademik, telaah isu, dan konten seputar kehidupan kampus. Pimpinan kampus pun turut dilibatkan dalam konten-konten casual dengan mengikuti tren seperti video pendek dan sound populer. Salah satu contoh suksesnya adalah konten A Day in My Life Wakil Rektor 4 yang menonjolkan sisi humanis sekaligus memperkenalkan fasilitas baru kampus.

Kak Fachmi Maulana, S.Ikom., menegaskan bahwa fokus utama strategi konten UPI saat ini adalah mendekatkan media kampus dengan mahasiswa, sebagai audiens terbesar dan paling aktif. Konten dibuat lebih casual, relevan, dan mudah diterima agar dapat mendorong engagement secara berkelanjutan.

Melalui studi banding ini, tim media dan podcast FSH UIN Jakarta mendapatkan banyak wawasan mengenai manajemen media modern, penguatan branding, serta pengembangan konten kreatif yang efektif. Hasil kunjungan ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam pengembangan layanan humas dan publikasi FSH sehingga lebih adaptif, inovatif, serta selaras dengan kebutuhan digital generasi saat ini.[NA]

UPI5UPI4

UPI3UPI2

UPI6