Jakarta, Berita FSH Online- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Tata Negara (Siyasah) menyelenggarakan seminar nasional dalam jaringan, pada Sabtu, 19 Juni 2021 pukul 09.00 WIB. Seminar yang mengusung tema Pengaruh Media dalam Penegakan Hukum di Indonesia, dibuka langsung secara formal oleh Sekretaris Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah), Dr. Masyrofah, S.Ag, M.Si.

Seminar nasional yang diselenggarakan oleh HMPS Hukum Tata Negara (Siyasah) bersama Dr. Burhanuddin, S.H, M.Hum, dosen Hukum Pidana, Fakultas Syariah dan Hukum sebagai narasumber. Mengulik substansi fundamental mengenai bagaimana media massa memberikan pengaruh dalam penegakan hukum di Indonesia. Hal ini  baerkaitan dengan isu-isu sosial dan hukum terkini yang kerap melibatkan peran media massa, baik media digital maupun media cetak.

Fenomena hukum di masyarakat semakin kompleks dengan keikutsertaan warganet terhadap isu-isu yang tertuang dalam media massa digital. Pihak berwenang sebagai pengawas aktivitas masyarakat Indonesia, memberikan respon-respon pada tindak tanduk yang dilakukan rakyat dalam media virtual. Sebagian besar informasi yang tertuang melalui jejaring sosial mampu menggiring opini publik. Namun, masih cukup lemah dalam menegaskan kebijakan terhadap ketentuan penggunaan.

Diselenggarakannya Event ini, bertujuan mengedukasi masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa untuk memahami peran sebagai pengguna media sosial dalam jaringan yang menghapus batas-batas jarak, agar lebih bijaksana memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini. Sehingga, penggunaan media massa bekerja lebih efektif dalam berpartisipasi menentukan arus kebijakan dan memberikan dampak positif yang lebih besar untuk negara Indonesia.

Penulis by; M Rama Efendi