Jakarta, Berita FSH Online – Selasa, 13 April 2021 FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan rapat kerja 2021 yang bertempat di ruang rapat madya Lantai 2 FSH dengan tema Implementasi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) di Fakultas Syariah dan Hukum untuk Percepatan Uin Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Tema ini disepakati sebagai wujud komitmen dan keseriusan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dengan mengimplementasikan ZI WBK. Raker hari ini dihadiri oleh Prof. Dr. Suyitno, MA (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama) sebagai Keynote speech, dan dihadiri oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, besert pimpinan fakultas, pimpinan program studi, pimpinan tata usaha, perwakilan dosen, perwakilan mahasiswa, dan perwakilan karyawan. Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 47 orang dengan tetap menerapkan protokal kesehatan secara maksimal.

Rangkaian kegiatan Raker diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.Ag.,S.H.,M.H.,M.A. dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa “Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, terutama dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dimasa pandemi Covid-19 ini. Namun Di tengah kesulitan dan tantangan tersebut, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tetap berkinerja dengan maksimal dengan melaksanakan program-program yang telah direncanakan.”

 Hasil kinerja tersebut telah dibuktikan dengan berbagai penghargaan tiga kategori sekaligus di akhir tahun 2020. Pertama, FSH menjadi fakultas dengan kategori terbersih dan terindah karena kebersihan dan penataan ruangannya. Kedua, Fakultas Syariah juga sebagai peringkat nomor wahid dalam jumlah terbanyak jurnal yang terakreditasi Sinta 2. Ketiga, FSH juga diganjar sebagai predikat terbaik kedua dalam pencapaian penyusunan e-SMS tahun 2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan capaian kinerja FSH dengan persentase 92,4% dari total IKU, Pencapaian total IKU tersebut telah membawa FSH sebagai fakultas yang “berhasil”. Kemudian FSH juga sedang konsen dalam menyusun pengembangan internasionalisasi program studi dan jaringan sesuai dengan visinya sebagau Fakultas yang unggul di Asia Tenggara di tahun 2024. Tidak sampai disitu, tahun 2021 FSH mendapatkan kepercayaan menjadi fakultas percontohan (pilot project) penerapan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK). Status tersebut ditetapkan melalui Keputusan Rektor Nomor 260 Tahun 2021 yang ditandatangani tanggal 5 Maret 2021 dan hasilnya dapat dibuktikan dengan nilai tertinggi yang ditetapkan sebagai proyek percontohan penerapan ZI WBK.

Program kerja dan anggaran tahun 2021 diarahkan untuk mendukung penerapan ZI WBK. Pengembangan dan inovasi layanan baik akademik atau non akademik akan banyak dilakukan. Penyempurnaan tata kelola dan sumber daya manusia diperkuat untuk mendukung program tersebut. Semua civitas akademika diharuskan mendukung penerapan ZI WBK tersebut agar program percontohan tersebut dapat sukses dan dapat diterapkan di fakultas lainnya.