Laboratorium FSH, Berita FSH Online-Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta melalui Laboratorium praktikum hukum menyelenggarakan bimbingan teknik pelatihan legal drafting untuk para mahasiswanya. Kegiatan yang dilaksanakan pada rabukamis, 11-12 maret 2020 di theater lantai 2 fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini diikuti oleh 168 peserta. Para peserta ini mayoritas mahasiswa semester 8 yang sedang mempersiapkan kelulusannya. Adanya pelatihan legal drafting ini difokuskan untuk para mahasiswa/alumni fakultas hukum yang diharapkan memiliki kecakapan dalam bidang legal drafter. Seseorang yang memiliki gelar SH dinilai mampu menguasai seluruh aspek hukum termasuk sebagai legal drafter yang tidak hanya menguasai teori hukum saja.

Oleh karena itu, sebagai salah satu syarat kelulusan alumninya fakultas syariah dan hukum UIN Jakarta membekali mahasiswanya dengan pelatihanpelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi softskillnya. Pada kesempatan kali ini, Fakultas Syariah dan Hukum bekerja sama dengan Sekretariat Jenderal Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan host Laboratorium Fakultas Syariah dan hukum kegiatan ini sukses terlaksana dengan lancar dan penuh keseriusan serta partisipasi aktif dari peserta maupun narasumbernya

Dalam pernyataannnya ketika diwawancarai. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Ahmad Tholabi Kharlie S.Ag, S.H, M.H., M.A menyampaikan bahwa mendukung penuh kegiatan pelatihan bimbingan teknik pelatihan legal drafting ini. dalam sambutannya beliau berpesan untuk terus selalu memperkuat kompetensi dan softskill mahasiswa terutama dalam bidang fakultatifnya. Karena kedepannya semua lini kehidupan akan dijalankan secara professional oleh karena itu sebagai mahasiswa yang kelak akan bergelar sarjana hukum wajib dapat memiliki kompetensi sebagai seorang legal drafter

Kepala Laboratorium Terpadu Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Nurhasanah M.A pada orientasi bimbingan teknik pelatihan legal drafting angkatan kedua menyampaikan bahwa amat penting mengikuti pelatihan bimbingan teknik seperti ini. karena selain menambah pengetahuan dalam bidang legal drafting juga sekaligus bagian dari praktik lapangan bagaimana seorang legal drafter dalam merumuskan suatu peraturan perundang-undangan, dan mengesahkannya kemudian memaparkan tata tertib peserta bimbingan teknik legal drafting agar para peserta dapat secara khidmat dan serius mengikuti kegiatan ini bukan hanya formalitas saja.

Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum selaku kepala pusat perancangan undang-undang hadir sekaligus menjadi keynote speaker dalam pelatihan legal drafting tersebut memberikan pengarahan dan pemaparannya terkait materi peran, fungsi dan proses legislasi di lembaga legislatif serta dukungan badan keahlian DPR RI sebagai pengantar dari pelatihan bimbingan teknik legal drafting angkatan kedua ini.

Dalam pelaksanaan pelatihan bimbingan teknik legal drafting angkatan kedua yang diselenggarakan oleh Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini, bekerja sama dengan Sekretariat Jenderal Badan Keahlian DPR RI ini juga menghadirkan Mardisontori S.Ag, LLM. dan Wiwin Sri Rahyani S.H, M.H yang juga menjadi narasumber asas pembentukan, jenis, hierarkhi, dan materi muatan peraturan perundang-undangan dan instruktur dalam simulasi perancangan peraturan perundang-undangan.

SSelama mengikuti pelatihan peserta tidak hanya mendapat materi bagaimana sebuah peraturan perundang-undangan itu terbentuk. Namun, para peserta mendapatkan simulasi bagaimana undang-undang itu bisa tercipta dari tahapan penyusunan sampai pengesahan. Peserta juga diberikan tugas untuk menelaah peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dari tingkat undang-undang sampai peraturan daerah untuk memudahkan praktik pembuatan atau penyusunan peraturan perundang undangan. dan kemudian, dipresentasikan dihadapan para peserta yang lainnya kemudian para peserta juga diberikan kesempatan menanggapi antar kelompok terhadap analisis masing-masing undangundang yang mereka telaah.

Oleh : Tim Laboratorium FSH

press release laboratorium FSH