Fakultas Syariah dan Hukum selengarakan  Focus  Group  Discussion  (FGD)  Rencana Pembelajaran Semester (RPS) & Workshop  Praktikum  Kesyariahan  dengan tema Design  RPS Kurikulum MBKM  dan Standarisasi Metode Pengajaran Praktikum Kesyariahan dalam Rangka Mempertahankan Mutu Kompetensi Dasar Lulusan secara hybrid berlanngsung selama tiga hari, selasa sampai Kamis tanggal (02/11/2021) – (04/11/2021).

Kegiatan tersebut disambut oleh langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.A., M.H. dengan menyampaikan pokok pokok mengenai Arah kebijakan bidang Keilmuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada aspek Keislaman dalam mewujudkan Integrasi Keilmuan kemudian dilanjutkan dengan muhasabah Refleks, dan Pandangan Dosen FSH tentang perjalanan Praktikum Kesyariahan di FSH oleh  Dr. K.H. Ahmad Mukri Aji, M.Ag. Ketua MUI Kabupaten Bogor dan juga Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Narasumber dalam kegiatan hari pertama yaitu Prof. Dr. Muhammad Amin Suma, S.H., M.A.,M.M., M.H., (Guru Besar FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Prof. Dr. HD. Hidayat, M.A. (Guru Besar FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr. K.H. Asrorun Ni’am, M.Ag. (Deputi 2 Kemenpora RI). Dalam diskusi panel tersebut para narasumber menyampaikan reaktualisasi pengajaran praktikum kesyariahan dan tantangan proses pengajaran dalam mempersiapkan kompetensi dasar mahasiswa ,metode pengajaran qiraatul kutub pada mata kuliah praktikum di perguruan tinggi metode pengajaran praktikum ibadah di perguruan tinggi.

Narasumber pada sesi kedua yaitu Dr. Umar Alhadad, M.A. (Kaprodi Magister HES FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Dr. Afida Wahyuni, M.A. (Sekprodi MHK FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Musfiroh Nurlaili, H, M.A. (Dosen FDIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Yang mengulas materi mengenai digitalisasi praktikum kesyariahan  dalam memperkuat kompetensi dasar lulusan, selanjutnya metode pengajaran qiraatul quran pada mata kuliah praktikum di perguruan tinggi dan terakhir tentang metode pengajaran praktikum tajhizul  jenazah

Hari kedua menghadirkan narasumber dari luar yaitu Dr. Yeni Salma Barlinti, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia) membahas tema Urgensi CPL  Program Studi sebagai Pedoman Muatan RPS  dan  Tahapan-Tahapan  Penyusunan RPS.

FGD RPS dan Workshop Praktikum Kesyariahan merupakan kegiatan Kolaborasi unsur-unsur akademik di lingkup FSH seperti Program Sudi, Laboratorium Syariah dan Hukum dan Dosen-dosen FSH yang dikoordinir lansung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. Secara Teknis, kegiatan diselenggarakan oleh tim yang dibentuk oleh Fakultas

Kegiatan ini bertujuan untuk Mensosialisasikan CPL/ SKL yang sudah dirumuskan oleh setiap Program Studi dalam kurikulum 2020 di lingkup FSH dengan menyamakan persepsi unsur-unsur akademik FSH dalam merumuskan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang dituangkan dalam setiap RPS per Program Studi serta Melibatkan unsur-unsur akademik FSH khususnya para dosen dalam mencapai CPL/SKL yang sudah dirumuskan setiap Program Studi.

Melalui silaturrahim dan merawat kebersamaan unsur-unsur akademik supaya dapat mencapai tujuan mulia FSH secara maksimal. Menyamakan persepsi dosen FSH dalam penguatan kompetensi dasar lulusan FSH yang bergelar Sarjana Hukum dengan mempersiapkan standar metode pembelajaran Praktikum Kesyariahan Mematangkan dan merampungkan modul-modul yang sudah pernah ditulis sebelumnya oleh tim penulis Modul  berdasarkan SK Dekan FSH.

Output kegiatan ini adalah dapat menghasilkan rumusan RPS yang dapat digunakan sebagai panduan perkuliahan pada setiap mata kuliah selama Kurikulum 2020 berlaku dan Workshop Praktikum Kesyariahan diharapkan menghasilkan  Modul-Modul Praktikum Kesyariahan yang layak dipedomani oleh Dosen dan mahasiswa dalam menyelenggarakan mata kuliah Praktikum Kesyariahan. Dengan menyampaikan laporan ke pimpinan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta supaya hasil yang diperoleh dari FGD RPS dan Workshop Praktikum Kesyariahan dapat mendorong tercapainya Visi dan Misi Universitas, Visi dan Misi FSH saerta Visi dan misi semua Program studi di lingkup FSH.

Melalui adaptasi dan sinkronisasi semua RPS oleh setiap Program Studi ke dalam bangunan kurikulum masing-masing secara konkrit merevisi modul-modul oleh tim penulis modul dilanjutkan dengan design, layout, dan cetak dan mengajukan penerbitan SK Dekan FSH sebagai legalisasi pemberlakuan RPS dan Modul-Modul Kesyariahan yang sudah ditulis  oleh dosen-dosen FSH.