Berita Online, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selenggarakan peningkatan Layanan Akademik & Non Akademik pelatihan arsipan dan perpustakaan dengan tema  Etika Akademik Dalam Penulisan Karya Ilmiah yang berlangsung secara Hybird melalui virtual Zoom.meeting dan Syahida Inn, Ciputat dan virtual zoom meeting.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A., serta Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Syahrul Adam, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi, Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Maskufah, M.A., M.H., seluruh Ketua dan Sekretaris Prodi Magister Hukum, serta ketua perpustakaan FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan para civitas mahasiswa magister hukum keluarga dan hukum ekonomi syariah di Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Senin (21/03/2022).

Acara yang berlangsung pada pagi hari itu dibuka dan dimoderatori oleh Mudianah Mahmud, S.IP. selaku kepala Perpustakaan FSH UIN Syarif Hidayatullah dan kemudian diawali dengan Sambutan oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Karya Tulis Ilmiah merupakan Bagian yang tidak terpisahkan dari Ilmiah akademik khususnya program Magister, beliau juga menambahkan bahwa Karya Tulis tidak hanya akademik murni, melainkan ada akademik popular sehingga berkaitan dengan etika penulisan.” Beliau menambahkan banyak hal yang dapat diambil contoh, karena banyak yang menulis redaksi sebuah buku yang copypaste dari rujukan tanpa kutipan secara full dengan menggunakan kutipan tidak langsung, yang hal ini merupakan tindakan yang tidak dibenarkan, sehingga perlunya menggunakan standar yang ketat, dan paraphrase, jadi ketika menulis yang diambil hanyalah idenya saja kemudian di elaborasi, haram hukumnya mengubah kutipan langsung dari penulis utamanya. turnitin sebuah aplikasi penunjang penulisan karya ilmiah yang menjadi salah satu alat yang digunakan oleh pengelola jurnal, perguruan tinggi, dll.

Kemudian dalam materi pertama disampaikan oleh Ulfah Andrayani, M.Hum. yang merupakan Senior Academic Librarian, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan membawakan tema pembahasan yaitu Etika Akademik dalam Penulisan Karya Ilmiah, diawal pemaparan beliau mengkutip pernyataan Zhihui Fang, 2021 “academic writing is the writing done for academic purposes” artinya karya tulis ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam hal ini akademis.

Selanjutnya dilanjutkan dengan quisioner terhadap partisipan untuk menjawab apa unsur & karakteristik dalam suatu tulisan ilmiah?, dan beliau menyampaikan bahwa tulisan akademik adalah tulisan yang memuat ide/gagasan yang ditulis jelas, padat, fokus, terstruktur, dan didukung oleh bukti dan data.

Beliau juga menjelaskan plagiarism telah diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7142 tahun 2017 tentang Pencegahan Plagiarism di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Beliau memberikan tips anti virus plagiarisme kepada mahasiswa yang dinamai AK.SA.RA (AKui, ParafraSA, IntegRAsi), dan beliau menyampaikan bahwa adanya kekhawatiran mahasiswa dalam pengujian Plagiarism Checker Tools, padahal hal tersebut justru memberikan dukungan dalam membangun integritas akademik mahasiswa. Beliau juga menjelaskan faktor dari plagiasi yang berkurang drastis dan juga menyampaikan beberapa indikasi kecurigaan dalam cek plagiasi turnitin, salah satunya dengan menambahkan dan menyembunyikan huruf. Hal tersebut mendapat tanggapan dari partisipan seperti karya tulis harus logis, dapat diuji kebenarannya (originalitas), data sesuai fakta, sistematis.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi Turnitin oleh Nisrina Rifa Salma (e-Resources and Educational Research Tools Specialist ) beliau menjelaskan yang dimaksud dengan turnitin merupakan alat system plagiarism yang berbasis situs jejaring (web). Beliau juga mengutaran manfaat yang terasa membantu penulis khusus mahasiswa dalam membuat tulisan. “Turnitin hadir untuk membantu kita dengan mengecek keaslian plagiaris,” Ujarnya

Selain itu, beliau juga menjelaskan cara buat akun student Turnitin dengan dua jalan, yang pertama melalui Student di-Enroll oleh Intructor dan yang kedua melaui Student Enroll mandiri. Turnitin sendiri berfungsi untuk membantu laporan identifikasi jika adanya plagiarism pada penulisan karya ilmiah/tulisan, meningkatkan kualitas karya tulis, karya ilmiah, atau tulisan akademis. Acara yang berlangsung sampai waktu dzuhur tersebut diakhiri dengan tanya jawab oleh mahasiswa dan narasumber.