Fakultas Syariah dan Hukum gelar Bimtek persiapan Road  to the 6th International Coference on Law and Justice dengan tema “Hukum Ekonomi Syariah dan Strategi Publikasi Jurnal Bereputasi” yang berlangsung di Ruang Madya, Fakultas Syariah dan Hukum.

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Syahrul Adam, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Maskufah, M.A., M.H., seluruh Ketua dan Sekretaris Prodi, serta guru besar  dan dosen FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Muhammad Muflih, M.A (Pengurus Pusat MES) selaku Narasumber pada Rabu (04/20/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., memaparkan dengan adanya bimtek tersebut semoga dapat menjadi arah dan bantuan kepada para dosen dalam membuat jurnal serta mempersiapkan ICLJ.

Dr.Muhammad Muflih, M.A menjelaskan terkait penerbit-penerbit Scopus terkemuka, seperti Elsevier, Taylor & Francis, Sage Publishing, Springer serta Emerald Insight dan lainnya. Selain itu, beliau juga menuturkan pengalaman beliau saat tampil pertama kali di Jurnal Scopus sebagai First Author & corresponding author dengan tema jurnal Halal-labeled food shopping behavior: the role of spirituality, image, trust, and satisfaction.

Menurutnya, salah satu ciri ciri jurnalnya dapat tampil di Scopus karna adanya pembahasan perihal Spiritualily, yang dimana masyarakat pada saat memilih makanan halal banyak yang berpatokan pada label halal. Selain itu, beliau juga memperingatkan untuk fokus dan mempersiapkan bahan jurnal seperti Similairy Checking ataupun Turnitin.

Adapun yang berkait dengan literature,  penulis harus memiliki minimal 2 paper jurnal Scopus sebagai acuan utama paper penulis dari Scopus Q1 dan Q2, serta gunakan Scopus terkini dari Scopus Q1 dan Q2 sebagai pendukung paper bisa dengan Q3 dan Q4 dan tidak dengan menggunakan buku pengantar kuliah, serta Literature review harus membangun hipontesis, dan  paper harus memiliki Background Theory yang berfungsi sebagai fondasi berpikir riset, sebagai arah penyelesaian riset dan sebegai celah terwujudnya kontribusi riset.

Kemudian, Dr.Muhammad Muflih, M.A memberi masukan perihal metode riset seperti usahakan menggunakan metode kuantitatif yang menjelaskan tentang  jenis riset, data riset, metode sampling, karakter responden dan alat analisis, namun jika ingin menggunakan kualitatif harus bersifat eksploratif. Adapun unsur metode harus memiliki Justifikasi dan merujuk tokoh utama metode seperti riset SEM-PLS ataupun Chi, F.Hair, Baron & Kenny.

Beliau juga menyarankan untuk menggunakan Communication Quality, seperti best translating, menggunakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), kemudian setelah translating, paper sebaiknya mendapatkan proofreading dari pakar bahasa inggirs, serta diutamakan menggunakan kalimat Aktif dan Efektif serta hindari kalimat bertele-tele.

Acara yang berlangsung hingga pada sore hari itu ditutup dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Ahmad Tholabi, Kharlie, S.H., MA., M.H.

“Terimakasih kepada pak Muflih atas arahan dan pedoman terkait Jurnal Scopus, semoga dapat menjadi manfaat dan kemudahan untuk dosen dalam meningkatkan nilai-nilai penulisan Jurnal,” Tutupnya.