ORMAWA | Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta gelar kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan pengurus ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan) masa khidmat 2022/2023 yang berlangsung di Ruang Teater lantai 2, FSH UIN Jakarta.

Pembacaan Ikrar Kepengurusan Ormawa sendiri dipimpin langsung oleh Presiden Dema (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nurul Hasanah dan dilafalkan oleh seluruh pengurus Ormawa.

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Syahrul Adam, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Maskufah, M.A., M.H., seluruh Ketua dan Sekretaris Prodi, dan para Pengurus ORMAWA serta Pengurus LSO (Lembaga Semi Otonomi) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa, (28/06/2022)

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Maskufah, M.A., M.H. dalam sambutannya memberikan beberapa amanat, menurutnya saat ini Ormawa dapat mengikuti norma yang sesuai dengan kode etik Fakultas Syariah dan Hukum dan  berantusias dalam mengabdi.

“Selamat untuk satu tahun kedepannya, anda sebagai pengurus harus bersinergi, dan semoga menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya,” sambutnya.

Hari ini, menurutnya, mahasiswa hukum harus memilik  4 hal pada dirinya, yang pertama tau akan dirinya, yang kedua komunikasi skill, yang ketiga management skill dan yang terakhir digital skill, hal tersebut bermaksud untuk perkembangan mahasiswa dalam meraih kesuksesan.

Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., menyampaikan informasi terkait anggaran yang diberikan kepada masing masing Ormawa, dalam arahannya beliau berpesan untuk segera mengaplikasikan anggaran sebaik mungkin.

“Anggaran 75% sampai angustus, masih ada 2 bulan lagi untuk segera menghabiskan, karna anggaran tersebut berasal dari negara maka secepatnya harus diterealisaikan,” jelasnya.

Dilanjutkannya dengan pembacaan  surat keputusan struktur Kepengurusan Oramawa oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Syahrul Adam, M.Ag, adapun Ormawa yang dilantik pada pagi hari ini ialah Dewa Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), LSO (Lembaga Semi Otonom) seperti Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI), Islamic Astronomy Student Council (IASC) serta lembaga-lembaga yang berkerjasama dengan program studi seperti Elkamasy (Kajian Mahasiswa Ahwal Syakhsiyyah), Makasih (Majelis Kajian Studi Islam dan Hukum), Ruang Siyasah, Distrik (Diskusi Terkini dan Riset Ketatanegaraan), CLJC (Criminal Law and Justice Community), SBI(Sharia Business Intelligence).

Lanjutnya Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A., mengajak untuk tetap fokus dalam menuntut ilmu walaupun dalam menimba amanah kepengurusan.

“Kita ingin semuanya lulus tepat waktu, jangan sampai karna aktif di Ormawa dapat menimbulkan kendala disemeter akhir nantinya,” terangnya.

Beliau juga berpesan kepada kepengurusan ormawa yang baru harus memanfaatkan sebaik mungkin dan dapat menjadi  fungsi serta langkah untuk memberdayakan anggotanya (pengurus) dan lingkungan.

“Dema, sema, hmps serta lainnya semoga dengan mengabdi dapat menjalankan program kerja yang selaras dengan visi misi UIN khususnya FSH, serta bersinergi agar terjalin hubungan yang baik bersama civitas FSH,” tutupnya.