Libur Panjang Hari Raya Idul Fitri yang dimulai 29 April berakhir 8 Mei 2022. Senin, 9 Mei 2022 merupakan hari pertama masuk setelah libur tersebut. Umumnya, libur Idul Fitri dimanfaatkan oleh Sebagian masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Tujuannya untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan bernostalgia dengan pengalaman masa lalu di kampung.

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta memulai aktifitas di hari ini dengan mengadakan Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih. Upacara tersebut rutin dilakukan setiap senin yang dilakukan secara bergantian oleh unit-unit yang ada di lingkungan UIN Jakarta. Hari ini yang merupakan awal masuk kerja merupakan jatah FSH untuk melakukan Upacara Bendera.

Kegiatan upacara diisi dengan kegiatan upacara bendera pada umumnya, yaitu penghormatan Bendera Merah Putih, pambacaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, amanat Inspektur Upacara dan pembacaan doa. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dekan, Ahmad Tholabi Kharlie. Petugas pembaca teks Pancasila Asriati, Pembaca teks UUD 1945 Mudiyanah, dan Pembaca doa Hasan Ali. Komandan Upacara Agus Hermawan dan komandan pleton Saroni. Upacara dilaksanakan dari jam 07.15-08.00.