Fakultas Syariah dan Hukum laksanakan buka puasa bersama pimpinan  dan civitas Fakultas Syariah dan Hukum di Ruang Madya, Lantai 2 pada Rabu (4/20/2022).

Acara dibuka dengan tausyah oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Maskufah, M.A., M.H., beliau menjelaskan perbedaan hisab rukyat antara organisasi muslim yang berada di Indonesia.

Beliau menerangkan untuk Muhammadiyah puasa genap selama 30 hari. Jadwal puasa Ramadhan itu tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah dengan kriteria telah terjadinya ijyimak (konjungsi), ijtimak terjadi sebelum matahri terbenam, pada saat terbena, matahari piringan atasa bulan berada diatas ufuk .

Selanjutnya, beliau menjelaskan untuk NU, sesuai dengan yang dikeluarkan LF PBNU melalui surat keputusan LF PBNU no. 001/SK/LF/LF-BNU/III/2022 tentang IR NU  yang mulai tahun ini untuk menentukan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ialah “Tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi hilal minimal 6,4 derajat”.

Kegiatan yang berlangsung pada sore itu ditutup dengan Buka Bersama dengan para civitas Fakultas, tujuan dari kegiatan tersebut supaya dapat mempererat tali silaturahmi serta ukhuwah Islamiyah dan juga rasa kekeluargaan antara Pimpinan, Dosen dan Pegawai disamping itu juga untuk menuai berkah Ramadhan tahun ini.