Jakarta, Berita FSH Online – Pergantian masa kepengurusan Moot Court Community atau yang kerap dikenal dengan sebutan “Sertijab” ditahun ini diadakan secara online melalui zoom meeting tepat pada pukul 13.00 sampai dengan 15.40 WIB. Serah terima jabatan sekaligus pelantikan kepengurusan MCC Periode 2021-2022 dihadiri oleh jajaran Dekanat, 14 Dosen Pembina, perwakilan DEMA FSH, perwakilan setiap masing-masing pengurus HMPS beserta seluruh pengurus MCC UIN Jakarta. Ciputat, Minggu (19/09/21).

Adapun seremoni ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 53 Tahun 2021 tentang Pengurus Lembaga Semi Otonom Moot Court Community. Kegiatan diawali dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Indonesia raya sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap yang maha kuasa.

Sambutan pertama disampaikan oleh Fitria S.H MR Phd selaku salah satu perwakilan dari dosen Pembina MCC UIN Jakarta. Dalam sambutannya beliau memberikan amanat kepada seluruh teman-teman pengurus MCC agar meningkatkan suasana intelektualitas dikalangan mahasiswa, terkhusus lomba karya tulis ilmiah yang perlu diutamakan dalam pelatihannya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil dekan kemahasiswaan yaitu oleh Dr. Maskufa MA, dimana beliau menyampaikan banyak terimakasih kepada Anjas selaku ketua MCC 2020-2021 beserta pengurus lainnya pada periode 2020-2021 karena telah memberikan banyak kontribusi untuk fakultas dibidang keilmuan dengan menorehkan prestasi.

Pernyataan tersebut diamini oleh Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie S.Ag.,S.H.,M.H selaku Dekan FSH UIN Jakarta yang dalam masukannya ia menyampaikan bahwa “selain meningkatkan kualitas dari pengurus, perlu juga  meningkatkan mekanisme manajemen agar perencanaan terkait pembinaan dan pengkaderan anggota yang ikut serta dalam kompetisi dapat terkelola dengan baik. Hal ini dilakukan supaya tidak ada kesulitan mengenai anggaran kedepannya” ujar Ahmad Tholabi Kharlie, Minggu (19/09/21).

Harapan lainnya untuk LSO ini disampaikan juga oleh wakil dekan akademik dan wakil dekan administrasi umum dengan berharap untuk selanjutnya perlu meningkatkan lomba-lomba yang tidak hanya pada tataran nasional, tetapi regional (ASEAN). Sehingga, satu tahun kedepan MCC dapat ikut dalam lomba di kancah internasional. Setelah Jajaran dekanat menyampaikan sambutannya, acara yang dihadiri oleh lebih dari 70 peserta dilanjutkan dengan inti acara yaitu serah terima jabatan yang dipimpin oleh saudara Anjas Rinaldi Siregar S.H dengan menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama satu tahun kepengurusan. Ia juga menjelaskan bahwa capaian yang belum terealisasikan yaitu terkait pembelian komputer serta peralatan lainnya untuk keperluan setiap kegiatan.

Setelah sambutan dari banyak pihak, serah terima jabatan dilimpahkan kepada ketua mcc periode 2021-2022 yaitu Ahmad Tarmidzi dengan dibarengi pembacaan ikrar dan dilanjutkan dengan pembacaan SK Kepengurusan. Akhir dari acara sertijab sekaligus pelantikan ini, ditutup oleh Fahmi Muhammad Ahmadi, M.Si selaku Pembina Moot Court Community UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Penulis: Imas Novita