Jawa Barat | Ahmed Najhan Arrohim, mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dinobatkan sebagai Putera Nelayan Jawa Barat 2022 dalam rangka kompetisi pemilihan putera puteri bahari jawa barat 2022. Grand final telah dilaksanakan pada (19/06/2022) yang berlangsung di padepokan Mayang Sunda, Kota Bandung.

Kompetisi putera puteri bahari jawa barat 2022 digelar pada 7 – 11 Juni 2022 dengan tahapan tes wawancara oleh direktur regional. Tahap selanjutnya, penyisihan peserta dengan menghasilkan sebanyak 20 finalis terpilih, kemudian dilanjutkan dengan tahapan pengumpulan pemberkasan yang meliputi advokasi, essay, video bakat. Pada tahap akhir, pelaksanaan karantina di Bandung berlangsung pada 17 – 18 Juni yang ditutup pada malam puncak grand final pada 19 Juni 2022.

Menurut Ahmed Najhan Arrohim, untuk melangkah ketingkat penyisihan di tingkat provinsi, ia mengaku harus berkorban terutama pada waktu yang menguras energi, banyaknya peserta dengan level kapasitas dan karakter yang berbeda membuat euforia kompetisi sangat menarik, walau begitu tantangan tersebut membuat dirinya menjadi lebih percaya diri dan terus ingin menorehkan prestasinya baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.

Ahmed juga memaparkan tujuan ia mengikut perayaan tersebut sebagai meningkatkan pengalaman dan menambah relasi, namun yang paling penting dapat berkontribusi pada tanah kelahirannya khususnya kota bekasi, dimana masih terdapat tempat wisata yang kurang terekspos dan terawat.

Kepada FSH, Ahmed juga berpesan untuk terus mencoba hal baru dalam mengukir pengalaman.

“Jangan takut mencoba berkarya dan eksplore diri lebih luas, sebagai mahasiswa kita punya peran penting dalam pengabdian masyarakat, gali ilmu sedalam-dalamnya dan carilah pengalaman seluas-luasnya,” tutupnya.