Teater Lt. 2 FSH, Berita FSH Online – Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekali mahasiswa penyusunan fatwa yang diselenggaakan khusus bagi mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab, Selasa-Rabu, (23-24/4). Kegiatan ini merupakan penutup di tahun 2019 dari bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Laboratorium FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelumnya, Laboratorium FSH telah menyelenggarakan sejumlah bimbingan teknis terkait Legal Drafting, Litigasi, Penyusunan Kontrak Bisnis, dan Mediasi.

Mesraini, selaku Kepala Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyampaikan dalam laporannya, Bimtek Penyusunan Fatwa yang diselenggarakan untuk mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab semester 6, 8, dan 10 ini merupakan bimtek penutupan untuk seluruh rangkaian kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Laboratorium FSH UIN Jakarta. Dalam laporannya, ia menegaskan bahwa bimtek ini harus diikuti sesuai dengan aturan, peserta yang tidak disiplin dan tidak memenuhi standar kelulusan akan dinyatakan tidak lulus dalam bimtek penyusunan fatwa tahun ini.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie. Ia menyampaikan bahwa FSH memiliki komitmen yang tinggi untuk memfasilitasi mahasiswa memperoleh sertifikat pendamping Ijazah (SKPI), termasuk dalam bidang kemahiran penyusunan fatwa. “Sertifikat SKPI akan meningkatkan daya tawar alumni di mata pengguna lulusan. Oleh karena itu kegiatan ini memiliki arti penting dalam meningkatkan kompetensi dan skill calon lulusan,” ungkapnya.

Kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Laboratorium ini merupakan serangkaian kegiatan penutup dari seluruh bimtek yang telah diselenggarakan untuk mahasiswa terkait SKPI. “Alhamdulillah seluruh acara bimtek sejak awal Maret sampai April ini diselenggarakan dengan optimal. Terima kasih saya sampaikan kepada penyelenggara, Laboratorium FSH yang tidak terlepas dari bantuan seluruh mahasiswa yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini,” kata Tholabi.

Dalam sambutannya, ia juga mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan disiplin dan dapat mengambil ilmu sebagai kompetensi tambahan yang didapat di luar perkuliahan. [] DP