Rapat Madya Lt. 2, Berita FSHOnline – Islamic Astronomy Student Council (IASC) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar 1st IASC Conference dengan tema “Gerhana Matahari: Dari Sudut Pandang Astronomi dan Fikih”, Senin (23/12). Konferensi ini diadakan untuk menyambut gerhana matahari pada tanggal 26 Desember 2019. Dalam konferensi tersebut, pemaparan terkait Gerhana Matahari dijelaskan dalam dua pandangan yaitu dari perseptif fikih yang disampaikan oleh Ahmad Zulfi Aufar dan  dalam persepktif astronomi disampaikan oleh Maskufa selaku anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Republik Indonesia sekaligus Wakil dekan III FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wakil dekan III FSH, Maskufa mewakili Dekan membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya ia menyampaikan “Kami selaku pimpinan mengucapkan terima kasih kepada Islamic Astronomy Student Council karena telah menyelenggarakan kegiatan konferensi ini. Ini adalah kegiatan kali pertamanya di Fakultas Syariah Hukum.” Puncak acara kegiatan ini nanti jatuh pada tanggal 26 Desember 2019. Pada tanggal tersebut akan diadakan observasi gerhana matahari  di lapangan parkir student center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dilanjutkan shalat gerhana matahari di Masjid Al-Jamiah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dekan FSH, Ahmad Tolabi Kharlie, menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bagus dan patut di apresiasi, ini adalah sebagai bukti nyata mahasiswa FSH dalam menerapkan ilmunya.”, tegasnya. “Selaku pimpinan, kami selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa dalam peningkatan potensi diri.” [] Panji