Jakarta, Berita FSH Online- Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Laboratorium Shariah dan Hukum menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis Litigasi online tahun 2021 via media zoom dan live streaming youtube. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama fakultas Syariah dan hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI) yang diikuti oleh mahasiswa FSH semester 8 ke atas sejumlah 440 orang. mengawali kegiatan Laboratorium Syariah dan Hukum tahun 2021 yang diselenggarakan hari selasa sampai dengan kamis tanggal 23-25 februari 2021 dimulaidari jam 08.00 WIB sampai jam 17.00. Di acara pembukaan Dekan fakultas Syariah dan hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dr. H. Ahmad Thalabie Kharli, S.H.I., S.H., M.A., M.H menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek litigasi merupakan salah satu dari 5 kegiatan Bimtek yang ada sebagai upaya Fakultas untuk mempersiapkan calon lulusan dengan gelar Sarjana Hukum (SH) untuk memiliki kompetensi skill dalam beracara di semua Pengadilan seperti Pengadilan Agama (PA), Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Dekan juga memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPP APSI yang senantiasa siap bermitra dalam penyelenggaaraan bimtek ini.
Selain itu Ketua DPP APSI, Dr.Sutrisno,S.Ag., S.H.,M.H. menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Litigasi semacam ini juga menjadi wujud nyata untuk memperkuat literasi calon-calon praktisi hukum melalui kegiatan kolaborasi dengan Fakultas Syariah dan Hukum sebagi wadah untuk mempersiapkan calon-calon SDM Praktisi Hukum. Ke depan, DPP APSI berkomitmen untuk bergandengan dengan Laboratorium Syariah dan Hukum dalam menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Litigasi seperti ini di semua Laboratorium Syaraiah dan Hukum FSH PTKI di seluruh Indonesia.

Kegiatan bimbingan teknis litigasi ini diramaikan oleh 9 orang nara sumber dari berbagai profesi hukum seperti Dr, Sutrisno, S.Ag., S.H., M.H., Ketua Umum DPP APSI, M Nuzul Wi bawa, S.Ag., M.H lawyer sekaligus dosen FSH., Muhtadi, S.Ag., S.H., M.H Kejari Buru Provinsi Maluku sekaligus alumni FSH., (M. Muslih, S.H., M.H Direktur MM & P Lawfirm., Dr.AlfitraS.H., M.Hum Saksi Ahli Hukum Pidana sekaligus Dosen FSH, Acep Saepudin, S.H.I., S.H., M.H., M.M., M.Si., CLA., CPL., CPCLE., CTA., CPM., CPrM Pimpinan Acep Saepudin & Partners Law firm Lebak sekaligus alumni FSH dan Andi Syafrani S.H.I., MCCL., CM., SHELL, CLA Pengacara di Mahkamah Konstitusi sekaligus alumni , Dosen FSH, Syamsul Munir, S.H.I., M.H., CM., Waketum APSI Bidang Advokasi dan HAM, dan Shonifah Albani, M.H. lawyer sekaligus dosen FSH.

Meski kegiatan ini dilaksanakan secara daring namun tetap tidak menghilangkan substansi dan esensi pelatihan bimtek seperti sebelumnyak arena selain disuguhi materi-materi bimtek yang disampaikan oleh para pakar yang kualifait dan penugasan sebagai komponen penilaian, pesertat etap diharapkan untuk mematuhi dan mentaati tata tertib yang ketat sama dengan peserta bimtek ketika diselenggarakan secara offline. disampaikan oleh Kepala Laboratorium menyampaikan bahwa ke depan Laboratorium berfokus tupoksi yang diemban untuk mempersiapkan skill mahasiswa FSH dalam bentuk penyelenggaraan praktikum dan berbagai kegiatan yang cukup kreatif dan inovatif dalam rangka memenuhi prasyarat lulusan dengan gelar Sarjana Hukum (S.H) sehingga lulusan S.H FSH dapat sejajar dengan lulusan S.H dari Perguruan Tinggi Umum.