Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggadakan rapat internal Focused Group Discussion (FGD) dalam tahap pembahasan Praktek Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimulai pada siang hari (sesi kedua) setelah waktu dzuhur, bertempatan di Syahida Inn, Ciputat (22/06/2021).

Acara dimulai dengan hadirnya Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., MA., MH., Wakil Dekan Bidang Akademik  Dr. Syahrul Adam, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Muhamad Maksum, S.H., M.A., MDC., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Maskufa, MA dan seluruh jajaran para Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta jajaran para Dosen dan Staff Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada tahap sesi kedua, acara dipimpin oleh moderator Mara Sutan Rambe, MH, yang  dimulai dengan pembahasan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akademik, Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Umum, Penyusunan Operasional Prosedur (SOP) Keuangan, Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perpustakaan, seluruh dosen antusias dalam mengeritik dan memasukan saran terkait pembahasan tersebut, yang memang pada dasarnya hal tersebut menjadi ruang permasalahan pada saat ini.

Dalam pembahasannya seperti contoh pembahasan SOP Pelaksanaan Kuliah Daring (Dalam Jaringan) yang kini memang sedang dalam perapan kegiatan belajar mengajar ( KBM) kepada Mahasiswa, dan juga pembahasan SOP Penerbitan SKL, SOP Cuti Kuliah, bahkan SOP Monev Penelitian, Monev Pengabdia/PKM serta Legalisir yang terkait dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Akademik.

Dan adapun pembahasan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Umum seperti permasalahan SOP Pengaduan Mahasiswa Terhadap Dosen yang juga menjadi permasalahan di kalangan mahasiswa, kemudian ada juga pembahasan SOP UKT, SOP Peminjaman Barang/BMN, SOP Bencana Alam serta SOP lainnya.

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini berjalan dengan baik, banyak nya masuknya dan saran juga menjadi sebuah langkah evaluasi Fakultas Syariah dan Hukum menjadi lebih baik kedepanya.

Pada penutupan akhir acara Wakil Dekan bidang Administrasi Dr. Muhamad Maksum, S.H.,M.A.,MDC  memberikan pesan “Panitianya adalah Pak Mara, Bu Nisrina, Bu Nurlaili, Pak Ishar, kita akan menyusun SOP yang telah dibahas sesuai dengan standar yang telah disampaikan oleh Kemanpan-RB, untuk itu Bapak dan Ibu, untuk  hari besok harap ditulis.” Tutupnya.

Oleh : Fajar Pangestu