Teater FSH, Berita FSH Online – Fakultas Syariah dan Hukum yang bekerja sama dengan The Indonesian Resource Legal Center (ILRC) dan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), menyelengarakan kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan di Wisma Syahida Inn, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Acara ini dihadiri oleh 42 peserta dari berbagai LBH yang mewakili 22 Provinsi di seluruh Indonesia. Uli Parulian Sihombing SH MH LLM selaku Direktur ILRC mengatakan bahwa acara ini adalah salah satu syarat untuk para calon Advokat sebelum mengikuti Ujian Advokat dan disumpah menjadi Advokat Profesional yang diakui oleh Negara. Uli berharap setelah selesai acara, para peserta dapat kembali lagi ke daerah dan beraktivitas kembali ke LBHnya untuk menegakkan keadilan bagi masyarakat umum dan khususnya bagi kelompok rentan.

Para peserta diharuskan sudah di wisma pada tanggal 06 Januari 2019. Acara ini menjadi pembuka awal tahun. Mahdalena salah satu peserta yang mewakili LBH Kalimantan Timur mengatakan, bahwa dirinya sangat senang bisa mengikuti acara tersebut. “ saya merasa senang dan bangga dapat mengikuti acara ini, karena acara ini berbeda dengan PKPA yang lain. PKPA kali ini membahas tentang Advokat Publik sehingga saya mendapat banyak wawasan di acara ini. Saya berterima kasih kepada panitia karena telah mengadakan acara seperti ini, saya harap kedepannya masih ada dan terus ada acara yang seperti ini”.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr Asep Saefuddin Jahar MA selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidaytullah Jakarta. Asep dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan berpesan kepada para peserta agar tetap semangat dalam menjalani pendidikan selama dua minggu ke depan. “Selamat datang dan terima kasih untuk para peserta yang mewakili setiap LBH daerahnya untuk menempuh pendidikan selama dua minggu, saya harap para peserta nantinya menjadi Advokat yang berintegritas dan mengabdi kepada masyarakat yang kurang mendapat keadilan dalam Hukum” tutur pria yang saat ini menjadi pakar Hukum Ekonomi Syariah.

Turut hadir Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH yang dalam kesempatan ini menjadi pembicara kunci bertemakan “Keadilan Sosial dalam Konstitusi Indonesia: Perlindungan Konstitusional Terhadap Kelompok Rentan” dan setelah acara Diskusi Publik selesai, langsung disambung dengan acara Diskusi Panel yang bertema “Akses Keadilan Melalui Bantuan Hukum”. Selain itu, hadir juga Dr Diani Sadia Wati SH LLM sebagai Staff Ahli Bappenas Bidang Hubungan Kelembagaan, Irianto Subiakto SH LLM selaku Kabid PKPA DPN PERADI serta hadir pula Staff Kementrian Hukum dan HAM yang dimoderatori oleh Fathuddin SHI SH MH.

Selanjutnya, Uli sebagai mitra dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa semoga para peserta dan panitia selalu bersemangat sampai acara selesai dan setelah acara ini para peserta menjadi Advokat yang selalu membantu masyarakat, dan sampai saat ini mereka selalu bersemangat (Hari ketujuh).