Jakarta – Berita FSH Online | Fakultas Syariah dan Hukum memfinalisasi proses elektronisasi tata persuratan dalam kerangka Sistem Persuratan Elektronik FSH (Simpel FSH) Jumat 8 Oktober 2021 di ruang munaqasah (ruang ujian). Simpel ini menyempurnakan system persuratan sebelumnya (e-letter) yang manggabungkan proses persuratan elektronik dan manual. Pada Simpel FSH seluruh proses persuratan dilakukan secara digital.

Pembentukan Simpel FSH sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan tata persuratan dalam rangka implementasi Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Simpel FSH memberikan kemudahan, kecepatan, dan akurasi dalam proses persuratan. Pemangku kepentingan dapat mengajukan persuratan di manapun dan kapanpun. Begitu juga dengan proses penerbitan surat dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh pihak yang berwenang. Keamanan surat tersebut tetap terjaga dengan verifikasi dari pihak yang ditunjuk dengan menggunakan QR Code untuk memastikan keaslian dan validitasnya.

Selain itu, Simpel FSH akan mengurangi penggunaan kertas yang berarti akan turut dalam pelestarian lingkungan. UIN Jakarta dan FSH termasuk bagian dari agenda pelaksanaan kampus hijau (Green faculty) yang dicanangkan oleh Rektor.
Hadir dalam finalisasi Simpel FSH tersebut, Dekan, Wakil Dekan, Kabag TU, Tim ZI WBK/WBBM dan pihak pengembang aplikasi. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum yang juga Wakil Ketua Pelaksanaan ZI WBK/WBBM, Muhammad Maksum, yang memoderatori acara tersebut menargetkan Simpel FSH dapat diujicobakan pada pertengahan Oktober ini.