CIPUTAT | Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarata mengadakan rapat lanjutan internal Focused Group Discussion (FGD) dengan pembahasan Penyusunan Standar Operasional (SOP) tahap ketiga yang berlangsung di Syahida Inn, pada sesi ketiga ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Ahmad Tholabi Kharlie,SH., MA., MH., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Syahrul Adam, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi Dr. Muhamad Maksum, SH., MA., MDC., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Maskufah, MA. Serta para Ketua dan Sekretaris Program Studi, Bidang Perpustakaan dan Staff  tim Fakultas Syariah dan Hukum, Tangerang Selatan (23/06/2021)

Acara dimulai dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Dr. Muhamad Maksum, SH., MA., MDC “Untuk itu karna waktu yang tidak hari ini selesai, maka kita akan sepakati timnya yang akan bertangung jawab untuk mereview dan memantau supaya kegiatan ini agar cepat selesai dengan jadwal yang sudah kita rencanakan,” sambutnya.

Adapun beberapa jadwal dan tim yang telah tersusun sebagai berikut; Workshop SOP : 22 – 23 Juni 2021, Penyusunan Mandiri : 24 Juni – 23 Juli 2021, Progress : 8 Juli 2021 (75 %), Pra SOP II : 15 Juli 2021 (SOP udah terkirim ke Menpan), Workshop kedua : 23 Juli/22-25 Juli 2021 (Finalis SOP), dengan terbentuknya tim dimulai dengan tim SOP Akademik : oleh Arum Rediningsih, Mara Sutan Rambe, Faza Amri, M. Ishar Helmi, kemudian tim SOP Umum : Asriati, Arabiyatul Aidawiyah, Nurlaili,Erwin, selanjutnya tim SOP Keuangan : Dwi Susi, Iffah Zahriyani, Bonita, Mudianah, Nisrinah serta tim SOP Perpustakaan : Muthianah Mathmutah, SIP., Budi Prasetyo.

Kegiatan berjalan dengan 2 ruangan, ruangan pertama berada di ruang sidang madya I oleh tim SOP Akademik dan Perpustakaan, dan untuk ruangan kedua berada di ruang sidang madya II oleh tim SOP Umum dan Keuangan.

Kemudian pada pukul 12:00 penyampaian laporan setiap tim SOP masing masing, yang awali dengan tim SOP Akademik oleh Mara Sutan Rambe, MH., dan dilanjutkan oleh tim SOP Umum yang diwakilkan Arabiyatul Aidawiyah, kemudian dilanjutkan oleh tim SOP Perpustakaan yang diwakilkan Muthianah Mathmutah SIP dan yang terakhir oleh tim SOP Keuangan yang diwakilkan Iffah Zahriyati, dengan hasil penyampaian SOP dengan bidang bidang lain yang baru terselesaikan 5% banyaknya masukan dan kritik untuk menjadi tambahan hasil SOP selanjutnya.

Beranjak pada pukul 13.00 acara di tutup dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Dr. Ahmad Tholabi Kharlie,SH., MA., MH. “Alhamdulillah pada siang ini kita dapat menyeselaikan satu atau dua SOP, ini lah menjadi ikhtiar  yang luar biasa, semoga bisa menjadi Fakultas Syariah dan Hukum yang lebih maju dan tertata secara manajemen serta sisi organisasi dan akademik,” pesannya.

Oleh : Fajar Pangestu