Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa. Yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada penciptaan usaha kecil dan menengah, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dari bangku kuliah. Kemampuan wirausaha merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu. Ada sebagian orang yang percaya bahwa kemampuan wirausaha adalah bakat yang dibawa sejak lahir. Pendapat ini keliru. Kemampuan wirausaha bukanlah karena faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terasah melalui pengalaman-pengalaman dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

Selain kemampuan berbisnis, sangat penting bagi perintis baru mengetahui tentang perencanaan keuangan dengan baik, baik tentang pengelolaan uang ataupun tentang perencanaan bisnis yang di rancang. Berkaitan dengan hal ini DEMA Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai wadah kewirausahaan mahasiswa, membuka kesempatan kepada mahasiswa dan pelajar yang ingin membangun dan mengembangkan jiwa wirausahanya dengan kemampuan financial yang sehat dan cermat, dengan mendapatkan kisah, ilmu dan pengalaman langsung dari orang-orang yang telah susah payah membangun usahanya dan bahkan mungkin pernah rugi hingga puluhan juta rupiah, sampai akhirnya mendapatkan kesuksesan.

Dari latar belakang tersebut, DEMA FSH bersama Indonesia Future Forum mencoba menjembatani kebutuhan mahasiwa baru dengan mengadakan Webinar Kewirausahaan ”Membangun Jiwa Entrepreneur dengan Finansial yang Sehat dan Cermat dalam memajukan ekonomi bangsa” pada hari sabtu (11/09/2021) melalui virtual zoom meeting.

Pelaksanaan kegiatan perdana ini disambut oleh antusiasme yang tak hanya berlinkup pada mahasiswa internal saja melainkan dihadiri oleh banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia serta beberapa masyarakat umum non pelajar, acara dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie, S.Ag., S.H., M.H., M.A yang diwakilkan oleh Presiden DEMA FSH saudari Azizah Ratu Buana Khan, selanjutnya pada kesempatan webinar ini mengahadirkan Dr. H Amar Ahmad, M.Si selaku Sekertaris Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia sebagai Keynote Speaker dan dihadiri pula oleh Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, M.A. Selaku Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang pada kesempatan ini berkesempatan menyampaikan pandangan beliau terhadap topik webinar sebagai Keynote Speaker. Webinar kewirausahaan kali ini disampaikan oleh 2 narasumber yakni Jefrry Dwi Mulya Wardana selaku CEO of PT Jagoan Dagang Indonesia dan Tyovan Ari Widagdo selaku CEO Bahaso.

Acara webinar kewirausahaan yang diselenggarakan dalam durasi kurang dari 3 jam tersebut dihadiri oleh lebih dari 300 peserta terdaftar dengan antusian yang sangat luar biasa, dibuktikan dengan banyaknya partisipan ingin terus melontarkan pertanyaan kepada pembicara, hanya saja sayang sekali panitia membatasi sesi tanya jawab karena pertimbangan waktu, tetapi kendati demikian peserta webinar merasa puas terhadap acara kali ini karena penyampaian materi dari para pembicara yang sangat inspiratif dan dapat membantu peserta dalam menjalankan karirnya di dunia wirausaha.

(oleh: Wara Shandy)