Jakarta Berita FSH Online- Bimbingan Teknis menjadi hal yang krusial dalam penyelesaian tesis bagi mahasiswa, baik jenjang S1 ataupun S2. Oleh karenanya, bimtek diselenggarakan agar mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya dalam hal karya ilmiah. Fakultas Syariah dan Hukum telah membuktikan bahwa selain membantu mahasiswa memahami dalam segi teori, mahasiswa juga dibantu untuk mempraktikan secara langsung dalam membuat karya ilmiah yang ideal. Bimtek dimulai dari pukul 13.30-16.00 WIB yang bertempat di Ruang Rapat Madya Lantai 2 FSH. Adapun 22 mahasiswa MHK yang hadir dengan didampingi oleh 4 narasumber diantarnya yaitu Dr. Yayan Sofyan,S.Ag.,S.H.,M.Ag , Dr Syahrul Adam, M.Ag. , Dr. Nahrowi,S.H.,M.H., Dr. Afidah Wahyuni, M.Ag.

Pembukaan Bimbingan teknis Program Studi Magister Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diawali oleh ketua prodi MHK yaitu Dr. Nahrowi S.H M.H yang memaparkan dalam intisari sambutannya mengatakan bahwa “Bimtek pada hari ini diselenggarakan untuk mempermudah setiap mahasiswa magister untuk menyelesaikan tesisnya”. Kemudian memasuki pada pemaparan oleh narasumber yang pertama yang dijabarkan oleh Bapak Dr. Syahrul Adam, M.Ag yang diawali dengan harapan bahwa mahasiswa program studi magister hukum keluarga harus lulus tepat waktu dalam jangka waktu 2 (dua) tahun dalam menyelesaikan tesisnya, bahkan program studi sengaja merubah kurikulum untuk prodi MHK agar upaya yang telah dilakukan dapat membantu melancarkan penyelesaiin tesis. Selasa (7/6/2022)

Dalam pemaparan narasumber pertama yaitu ada beberapan kemampuan yang dibutuhkan yaitu diantarnya: Memiliki kemampuan menulis, kemampuan manager kepustakaan, kemampuan penelusuran pustaka. Kemudian bimbingan teknis pada hari ini dilanjutkan dengan tata cara pelaksanaan Mendeley yang disampaikan oleh Imas Novita yang diamanahkan oleh Bapak Dr. Yayan Sofyan S.Ag.,S.H.,M.Ag dalam membantu memaparkan materi. Pada pemaparannya mengenai aplikasi mendeley, ia menjelaskan fungsi serta penggunannya yang krusial dalam karya ilmiah sekaligus mempraktikan dan menunjukkan cara penggunaan yang mudah dalam memakai aplikasi mendeley. Kemudian materi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan langsung oleh Dr. Yayan Sofyan, S.Ag.,S.H.,M.Ag yang memaparkan mengenai metode penelitian dalam tesis. Beliau menitikberatkan pada poin kesalahan utama dalam penulisan tesis adalah mencari judul dan mencari suatu permasalahan. Kemudian beliau juga meminta kepada mahasiswa MHK untuk mencari artikel jurnal yang kemudian dicari intisarinya untuk dijadikan literature review yang baik.

Acara bimtek ini ditutup dengan closing statement dari Pak Yayan dengan menjelaskan bahwa dalam membuat ouline karya ilmiah bisa juga dapat menggunakan metode deduktif atau induktif, agar dapat mempermudah mahasiswa dalam membuat karya ilmiahnya. Kemudian penutup dilanjutkan oleh Dr. Afidah Wahyuni, M.Ag yang mengharapkan kepara para mahasiswa magsiter hukum keluarga untuk sesegera mungkin dapat menyelesaikan tesisnya tepat waktu sesuai peraturan yang ada.