PELATIHAN KONTRAK BISNIS

Gd. FSH, Berita FSH Online Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah menyelenggarakan Pelatihan Kontrak Bisnis untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dan Muamalat. Bekerjasama dengan Muamalat Institute, kegiatan ini menghadirkan 2 (dua) narasumber; Fenti Ari Damayanti, S.H., M.Kn. dari Bank Syariah Mandiri dan Irdanuraprida Idris, S.H., M.H. dari Bank Muamalat Indonesia.

Peserta mendapatkan materi yang dibagi dalam 4 (empat) sesi tentang penyusunan kontrak bisnis dari aspek teori dan praktek dengan pendekatan hukum perdata dan syariah. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal keterampilan bagi mahasiswa untuk berprofesi sebagai Legal Officer atau Inhouse Lawyer di perusahaan dan/atau lembaga keuangan syariah.

Narasumber hari pertama memberikan beberapa poin tertentu yang menjadi fokus pembahasan, yaitu pengantar kontrak bisnis, tahapan dan sumber hukum pembuatan kontrak bisnis perdata dan syariah, bagian-bagian utama dalam kontrak bisnis: pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

Adapun narasumber hari kedua menyampaikan materi tentang langkah-langkah pembuatan dan penelaahan Kontrak Bisnis (langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan langkah akhir), hal-hal yang wajib dikuasai oleh Inhouse Lawyer/Legal Officer dalam Perusahaan dan Lembaga Keuangan Syariah dan latihan merancang dan merumuskan klausul-klausul dalam kontrak.

 

Hidayatulloh
Koordinator Laboratorium Hukum Ekonomi

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *