Setiap tahun akademik baru, Fakultas Syari’ah dan Hukum melalui UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan penerimaan calon mahasiswa baru. Pola penerimaan mahasiswa baru pada fakultas ini mengikuti ketentuan yang diberlakukan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu melalui penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Lokal dan SPMB Nasional.

 

1.     Seleksi melalui Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) berlaku bagi siswa yang berprestasi, baik dari madrasah aliyah, sekolah menengah umum, maupun dari pesantren. Seleksi dilakukan dua tahap. Pertama seleksi terhadap berkas yang masuk dan selanjutnya mengikuti ujian lisan/wawancara.

 

2.     SPMB Nasional, adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan bersama perguruan tinggi negeri lain di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Pada SPMB Nasional ini tidak semua program studi yang diikutkan. Sedangkan jatah mahasiswa yang akan diterima hanya sebanyak 10 % dari jumlah mahasiswa yang akan diterima pada program studi tersebut.

 

3.     SPMB Mandiri, ujian dilakukan secara bersama bagi setiap fakultas pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dikordinir oleh rektorat. Pelaksanaan ujian adalah secara tulis dan lisan/wawancara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *